Rehabilitasi pasca-stroke adalah bagian penting dari proses pemulihan seorang pasien stroke. Tujuan dari rehabilitasi pasca stroke ini adalah untuk membantu pasien mempelajari kembali fungsi tubuh yang terganggu. Tentu saja penyembuhan stroke tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Diperlukan kesabaran dan kegigihan dari seorang pasien stroke agar benar-benar dapat mengembalikan fungsi tubuhnya seperti sediakala. Meski sulit, namun tidak ada kata mustahil. Berikut ini adalah beberapa informasi seputar terapi dan hal yang baik untuk menunjang penyembuhan stroke!


Terapi Stroke dengan Air Hangat

Hidroterapi adalah metode terapi yang menggunakan air hangat untuk mengatasi penyakit stroke. Mengapa harus air hangat? Ini karena air hangat dapat memberikan ketenangan dan memperlancar peredaran darah. Berikut ini adalah proses dari terapi penyembuhan stroke dengan modalitas air hangat:

*.Siapkan air dengan kisaran suhu 31 derajat Celcius yang sekiranya bisa memberikan efek relaksasi dan cukup aman untuk pasien.

*.Biarkan penderita untuk berendam dalam air hangat tersebut.

*.Lakukan beberapa gerakan ringan seperti menggerakan pergelangan tangan, bahu, dan pergelangan kaki.
Manfaat terapi air panasyang satu ini untuk penyembuhan stroke sangatlah banyak. Karena mengandalkan efek hidrodinamik dan hidrostatik, terapi ini mampu memberikan dampak fisiologis yang baik. Beberapa diantaranya adalah:

*.Sirkulasi darah menjadi lancar karena air hangat yang mampu melebarkan pembuluh darah.

*.Latihan yang dilakukan dalam air mampu memelihara paru-paru dan otot jantung menjadi lebih sehat. Sirkulasi pernapasan Anda juga akan semakin baik.

*.Rasa nyeri pada tubuh juga akan berkurang karena proses oksigenisasi jaringan akibat efek dari air bersuhu 31 derajat Celcius.
Terapi air hangat ini juga sangat baik untuk penderita rematik dan encok.

*.Untuk penyembuhan stroke, terapi air hangat ini dapat meningkatkan kemampuan alat gerak serta memperbaiki bentuk tubuh menjadi seperti semula.


Makanan-Makanan untuk Mendukung Penyembuhan Stroke

Demi mempercepat penyembuhan penyakit stroke, Anda harus melakukan gaya hidup sehat dan teratur. Salah satunya adalah dengan memenuhi asupan nutrisi harian Anda yang bisa didapatkan dari berbagai macam makanan. Berikut ini diantaranya:

1.Kulit manggis

–Mungkin saja Anda sudah tidak asing lagi dengan ekstrak kulit manggis yang banyak dikemas dalam berbagai wujud. Perlu Anda tau, kulit manggis memiliki antioksidan yang tinggi dan berguna untuk menangkal radikal bebas.

2.Pisang

–Penyakit stroke dapat dicegah dengan banyak mengonsumsi pisang, setidaknya 3 buah dalam satu hari. Dengan kandungan kaliumnya yang tinggi, pisang juga sering digunakan sebagai makanan untuk membantu memulihkan kondisi dari penderita stroke.

3.Kurma

–Tingginya kandungan gizi dalam kurma sangat baik dalam menjaga fungsi saraf tetap normal. Dalam 100 gram kurma, setidaknya terkandung 666 mg kalium, 50 IU vitamin A, dan 0,09 mg tanin.

4.Pir dan apel

–Dari penelitian Journal of The American Heart Association, penyakit stroke dapat dicegah dengan mengonsumsi buah dengan kulit daging berwarna cerah seperti pir dan apel.

5.Buah Bit

–Sebagian dari Anda mungkin masih merasa asing dengan nama buah yang satu ini. Buah yang berwarna kemerahan ini mengandung nitrat yang dapat menurunkan tekanan darah dan membantu proses penyembuhan stroke jika diminum sebagai jus.


TERAPIS KELUARGA UNTUK ANDA, KAMI HADIR LEBIH DEKAT KERUMAH ANDA KLIK DISINI!!!