penyebab-nyeri-pada-persa.jpeg

- PersalinanProses Persalinan Penyebab Nyeri Pada PersalinanPada saat wanita hamilakan mendekati masa proses persalinan berbagai perasaan bercampur di dalam hati anda dan juga keluarga.Selain ketidak sabaran anda untuk segera melihat bayi anda terlahir ke dunia,perasaan takut juga cemas ketikamenghadapi persalinan pun ikut berkecamuk di dalam pikiran anda.Melahirkan juga rasa sakit merupakan halyang tidak dapat dipisahkan. Persalinanitu sendiri merupakan peregangan serta pelebaran pada mulut rahim, yang akanterjadi pada saat otot rahim sedangberkontraksi untuk mendorong bayi hingga keluar. Otot rahim akan menegang selama terjadi kontraksi. Bersamaan dengan terjadinya kontraksi, rectum,kandung kemih, tulang belakang hingga tulang pubik akan menerima tekananyang sangat kuat dari rahim. Begitu juga dengan kepala bayi yang bergerak turunpada saluran rahim dapat menyebabkan tekanan. Hal itu yang menyebabkan ibumerasa sakit.



- Pada saat proses persalinan, kebanyakanwanita mengalami rasa nyeri yang cukuphebat, terkadang hingga melebihi dugaananda sebelumnya. Menurut beberapa ahlirasa sakit yang terjadi pada proses persalinan tersebut terjadi akibat terdapat kerusakan jaringan nyata. Rasa sakit pada proses persalinan ini akan melewati beberapa tahapan. Seperti tahap yang pertama ialah pembukaan, biasanya rasa sakit yang terjadi pada tahap ini disebabkan oleh terjadinya kontraksi pada rahim serta peregangan pada mulut rahim. Pada tahap kedua ialah kelahiran, pada tahap ini rasa sakit yang timbul disebabkan oleh peregangan dasar pada panggul serta pengguntingan perineum atau bibir kewanitaan jika hal ini di perlukan. Pada tahap ketiga ini yaitu rasa sakit yang terjadi disebabkan oleh pelepasan plasenta. Dan pada tahap yang terakhir ini rasa nyeri ditimbulkan oleh penjahitan pada luka perineum. Pada umumnya, rasa sakit yang terjadidi mulai pada bagian bawah area punggung, dan kemudian menyebar padabagian di bawah perut anda termasuk pada kaki anda. Selain itu rasa sakit ini dimulai dengan rasa seperti tertusuk hingga mencapai puncak dan kemudian hilang dengan sendirinya. Beberapa wanita merasakan hal ini sama seperti kram pada saat haid yang cukup parah dan gangguan pada saluran pencernaan seperti diare. Menurut para medis, rasa sakit akibat kontraksi ini dapat dikategorikan seperti bersifat tajam juga panas (somatic sharp and burning). Rasa sakit yang terjadi ketika kepala bayi andamuncul di area kewanitaan anda.Jaringan di antara area kewanitaan dengan anus atau perineum ini terentang dengan kencang yang di sebabkan kepala bayi tersebut mendorongnya hingga terbuka. Sakit yang dirasakan oleh ibu yang melahirkan diakibatkan oleh perobekan jaringan ini.Hal yang dapat menyebabkan sakit yangsemakin parah ialah :



1.    Faktor keadaan fisik. Pada saatpersalinan dilakukan dengan episitomi,induksi serta penggunaan beberapa alatbantu seperti forsep ataupun vacum agarbayi dapat di keluarkan, pemutaran posisibayi yang diakibatkan olehposisi bayisungsang. Dengan begitu ibu akanmerasakan lapar dan juga haus akibatkelelahan.



2.    Faktor psikologis, misalnya ketikaanda melakukan persalinan sendiri tanpadi dampingi oleh suami atau keluargabiasanya anda akan merasakanketakutan terhadap sesuatu yang belumanda ketahui tentang persalinan. Denganbegitu anda akan terus menerusmemikirkan tentang rasa sakit,merasakan kecemasan, tegang hinggastres.



3.    Faktor tenaga medis. Tenaga medisyang tidak bersahabat, kurang memahami tentang prosedur persalinan atau tidak memahami untuk menggunakan alat.



* Terapi Pijat Ibu Hamil Pasca/Pra Persalinan




(Menerima Panggilan Area Surabaya Dan Sidoarjo)




Hub: Yuni Soesilowati



Ahli Therapist, Terlatih & Profesional



Hotline: 085103053044, 089656004886





125x125px-b.gif