Moms, semakin besar kehamilan Anda, tentu diri Anda juga semakin mudah lelah. Perut yang membesar itu juga membuat nyeri punggung dan nyeri pinggang terasa semakin menyiksa. Belum lagi bonus kaki bengkak yang membuat momen jalan-jalan ke mal menjadi tidak menyenangkan. Kami mengerti keluhan Anda, dan jangan panik karena semua ibu hamil juga merasakan keluhan yang sama.
Tidak dapat dipungkiri, kehamilan memang memberikan beberapa keluhan yang tidak dapat dihindari. Namun, ada banyak cara untuk meredakannya lho, Moms! Salah satunya adalah dengan pijat prenatal atau dikenal juga dengan pijat kehamilan.


Menurut American Pregnancy Association, terapi pijat saat hamil ini efektif mengurangi kecemasan, gejala depresi, nyeri sendi, dan meningkatkan stamina saat bersalin. Masih banyak lagi manfaat lain dari pijat prenatal, yang pasti, sesi pijat ini memberikan Anda 'me time' yang membuat Anda relaks. Ini alasan terbaik untuk memanjakan tubuh Anda.


Menurut American Pregnancy Association (APA), pijat prenatal dapat meredakan berbagai keluhan kehamilan, di antaranya:


1. Stres dan Cemas Berlebih

10 tahun lalu APA membuat sebuah studi tentang hubungan pijat prenatal dengan hormon-hormon penenang dan penyebab stres. Hasilnya, pijat prenatal terbukti dapat memerbaiki mood dan meningkatkan kesehatan kardiovaskuler. Menurut penelitian ini, ibu hamil yang dipijat tiap 2 minggu sekali, selama 5 minggu, maka kadar hormon-hormon penyebab stresnya (norepinephrine dan kortisol) akan menurun.
Sebaliknya, kadar hormon dopamine dan serotonin pada bumil akan meningkat. FYI, kekurangan dua hormon itu dapat meningkatkan risiko depresi lho, Moms. Kabar baik lainnya adalah, perubahan kadar hormon tersebut menurunkan risiko komplikasi padanewborn, seperti berat badan lahir rendah.


2. Bengkak

Bumil pasti sering mengalami bengkak di persendian, hal ini disebut juga dengan istilah edema. Penyebabnya sederhana, yaitu karena pembuluh darah besar menerima tekanan darah yang kencang dari bayi di perut Anda yang kian membesar. Namun dengan pijat prenatal, akan menstimulasi sel-sel lembut untuk mengurangi cairan di sendi yang bengkak.


3. Nyeri Saraf Pinggul (Siatika)

Menurut Heidy Murkoff, penulis buku Kitab Hamil Terlengkap, menjelang pertengahan hingga akhir kehamilan, bayi mulai menetap pada posisi yang sesuai untuk kelahiran. Posisi dan beban Si Kecil terkadang menduduki saraf siatika, tepat di bagian bawah tulang belakang. Nah, itulah yang membuat Anda merasa geli, pegal, nyeri, atau bahkan kebas di daerah pinggul, bokong, hingga kaki bagian belakang. Dengan pijat prenatal, segala keluhan nyeri saraf pinggul itu dapat diredakan.


4. Sakit Punggung

Sering sakit punggung saat hamil? Anda tidak sendiri! Menurut APA, hampir 70 persen wanita hamil mengalami sakit punggung. Penyebabnya banyak, bisa karena perubahan hormon, pertambahan berat badan, dan bahkan karena stres! Jika sudah berhubungan dengan stres, maka tentu saja pijat prenatal dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda, salah satunya meredakan sakit punggung.


UNTUK IBU HAMIL MANJAKAN RELAKSASI AGAR TIDAK TERSIKSA DALAM MASA KEHAMILAN TERAPI PIJAT KLIK DISINI!!!